Templates by BIGtheme NET
Terbaru
Rumah » informasi » Beginilah Cara FKPT Kalbar Tangkal Terorisme
123

Beginilah Cara FKPT Kalbar Tangkal Terorisme

SEKADAU, BeritAnda – Wakil Ketua Forum Komunikasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Kalimantan Barat, Martinus Sudarno SH menegaskan, FKPT yang berada dibawah koordinasi BNPT Pusat, tetap melakukan pemantauan potensi dan kerawanan adanya bibit-bibit terorisme di Kalbar.

“Kita lakukan koordinasi dengan pemerintah daerah dan lintas instansi terkait,” ujar Sudarno saat diwawancarai BeritAnda.com di Sekadau, Kamis (9/4/2015).

Belum lama ini, diakui Darno, pihaknya (FKPT) bersama aparat keamanan di Kalimantan Barat mendapatkan data adanya dua warga Kalbar yang diduga bergabung dengan kelompok ISIS.

“Kita harapkan tidak ada lagi warga Kalbar yang bergabung di kelompok-kelompok teroris atau kelompok radikal,” jelas politisi PDIP Kalbar itu.

FKPT, dikatakan Darno, lebih pada pencegahan atau deradikalisasi untuk mencegah paham radikal berkembang. Sedangkan untuk penindakan merupakan kewenangan di kepolisian.

“Kita lakukan monitoring kelompok-kelompok tertentu untuk memantau arah gerakan mereka,” ungkap dia.

Mengenai ISIS, Darno menegaskan kelompok yang sudah menyebar di beberapa Negara itu, bukan merupakan ajaran dalam agama Islam, tetapi merupakan paham atau ideologi yang salah.

Dikatakannya, modus yang digunakan dalam rekrutmen ISIS adalah dengan umroh gratis. Setelah sampai di tempat tujuan, di iming-imingi materi sehingga bergabung dengan ISIS.

“Saya rasa tidak ada agama yang mengajarkan untuk membunuh sesama manusia tanpa belas kasihan,” pungkas Darno. (Nie/Bdi)

Tentang fkptkalbar